Jumat, 08 Mei 2020

IGI DAN SAGUSABLOG

Guru merupakan elemen penting dalam dunia pendidikan. Tidak hanya mentransfer ilmu, guru juga berkewajiban untuk mendidik para peserta didiknya. Guru memiliki peranan penting dalam menentukan generasi penerus bangsa. Menjadi seorang guru menuntut kita untuk selalu belajar. Menjadi guru di zaman modern seperti ini haruslah kreatif, kaya akan inovatif, karena mengingat bahwa peserta didik sekarang ini sangat berbeda dengan zaman dulu. Untuk mengembangkan kemampuan dalam mendidik salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan tentang pendidikan.

Pelatihan tentang pendidikan untuk para guru salah satunya bisa didapatkan dari organisasi IGI. Oleh karenanya pada tahun 2019, saya memutuskan untuk bergabung dengan organisasi besar perkumpulan guru ini. Untuk bapak ibu guru yang berkenan gabung dengan grup IGI anda bisa klik disini. Berikut video tutorial untuk daftar menjadi anggota IGI 



Meskipun belum ada satu tahun saya menjadi anggota dari IGI (Ikatan Guru Indonesia) saya sudah mulai penasaran dengan program atau kegiatan yang ternaung dalam organisasi ini. Berawal dari informasi yang saya terima dari grup WA guru, hari dan pikiran saya tergelitik untuk mengikuti pelatihan SAGUSABLOG.

Pelatihan Satu Guru Satu Blog menuntun guru untuk memiliki blog sendiri dalam menyampaikan segala materi kepada peserta didik maupun guru yang lainnya. Apalagi pada musim sekarang di mana Indonesia sedang diuji dengan wabah pandemi covid-19 yang menuntut guru untuk melaksakan pembelajaran berbasis daring kepada siswa. Guru yang tadinya kurang melek IT sekarang dituntut untuk melakukan pembelajaran yang berkutat pada IT karena aturan social distancing dan physical distancing yang tidak memperkenankan siswa untuk belajar secara langsung di sekolah.

Melalui pelatihan Satu Guru Satu Blog, guru akan bisa membuat blog sendiri, mengisinya dengan segala materi yang dikehendaki sehingga memudahkan siswa maupun guru lain untuk mengakses materi yang terkait. Semua modul dan tutorial dalam pelatihan ini dibuat sedemikian rupa agar guru pemula (blogger pemula) bisa dengan mudah untuk membuat dan mengoperasikan blog. Dengan dipandu oleh mentor Bpk. Sodikin dan Ibu Ani Asih, berada dalam kelas 40-Y, hal yang sulit pun akan menjadi mudah. Terima kasih untuk mentor atas bimbingannya dan terima kasih untuk teman-teman untuk semangatnya yang luar bisa. Kita sama-sama belajar untuk menjadi guru yang amanah.

Dari pelatihan ini saya belajar untuk menjadi guru yang gemar menulis.

Penulis


Yuni Astuti

1 komentar:

  1. SEMANGAT BUNDA ... SESUATU YANG DIANGGAP REMEH, SUATU SAAT AKAN DI CARI

    BalasHapus